Sejarah Laptop

Laptop (dikenal juga dengan istilah notebook/powerbook) adalah komputer portabel (kecil dan dapat dibawa ke mana-mana dengan mudah) yang terintegrasi pada sebuah casing. Beratnya berkisar dari 1 hingga 6 kilogram tergantung dari ukuran, bahan dan spesifikasi. 
Sumber listrik berasal dari baterai atau A/C adaptor yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai Laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam bergantung pada cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
Sebagai komputer pribadi, Laptop memiliki fungsi yang sama dengan Komputer Desktop meskipun dengan kemampuan yang lebih rendah. Komponen yang terdapat didalamnya adalah sama dengan yang terdapat pada Komputer Desktop dengan ukuran yang diperkecil, lebih ringan, tidak panas dan irit listrik. 
Laptop kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci bergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, keyboard yang terdapat pada Laptop juga dilengkapi dengan touchpad atau dikenal juga sebagai trackpad yang berfungsi sebagai penggerak kursor mouse. Keyboard dan Mouse tambahan dapat dipasang melalui soket USB.
Komponen tersebut didesain untuk mengakomodasi portabilitas dari laptop sendiri. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien.
Berbeda dengan komputer desktop, komputer jinjing memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. 
Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.
Sebuah laptop adalah komputer pribadi yang dirancang untuk penggunaan mobile dan kecil dan cukup ringan untuk duduk di seseorang pangkuan ketika sedang digunakan. 
[1] Sebuah laptop mengintegrasikan sebagian besar komponen khas dari sebuah komputer desktop, termasuk sebuah layar, sebuah keyboard, sebuah menunjuk perangkat (a touchpad, juga dikenal sebagai trackpad, dan / atau menunjuk tongkat), speaker, dan sering termasuk baterai, dalam satu unit kecil dan ringan. 
The rechargeable baterai (jika ada) dikenakan biaya dari adaptor AC dan biasanya menyimpan energi yang cukup untuk menjalankan laptop selama dua sampai tiga jam dalam keadaan awal, tergantung pada konfigurasi dan manajemen daya computer.
Biasanya laptop besar berbentuk seperti notebook dengan ketebalan antara 0,7-1,5 inci (18-38 mm) dan dimensi mulai dari 10x8 inci (27x22cm, 13 "layar) untuk 15x11 inci (39x28cm, 17" layar) dan ke atas. 
Berat laptop modern 3-12 pound (1,4-5,4 kg); lebih tua biasanya lebih berat laptop. 
Kebanyakan laptop dirancang dalam faktor bentuk flip untuk melindungi layar dan keyboard ketika ditutup.Modern tablet laptop memiliki gabungan kompleks perumahan antara keyboard dan layar, mengizinkan panel layar putar dan kemudian berbaring di keyboard perumahan. Mereka biasanya memiliki layar touchscreen dan beberapa termasuk pengenalan tulisan tangan atau menggambar grafik kemampuan.

Ide pembuatan komputer portable ini sebenarnya sudah digagas pada tahun 1970-an. Gagasan tersebut pertama kali dicetuskan oleh Alan Kay. Beliau adalah seorang ilmuwan komputer dari Amerika dan lahir pada 17 Mei 1940. Alan Kay sudahmengagas komputer portable ini sebelum orang lain membayangkannya. Dan ide dari Alan ini disambut oleh Adam Osborne. Beliau adalah publisher software dan bekerja di sebuah penerbitan buku di Amerika, lahir paa 6 Maret 1939 di Bangkok dan meninggal pada 18 Maret 2003 di Kodaikanal, India.

Proyek komputer portable pertama ini diberi nama "Osborne 1". Dirilis pada bulan April 1981 oleh Osborne Computer Corporation. Memiliki berat 23,5 pon atau sekitar10,7 kg dan berharga $1795 atau sekitar 16 jutaan rupiah. Alat ini mungkin terlihat aneh ya, berukuran super besar dan dilengkapi layar monitor 5 in. Menggunakan sambungan listrik dengan baterai cadangan dan 2 floppy drive ukuran 5 ¼ in, modem port, dan keyboard. Kemudian penemuan itu terus dikembangkan hingga sekarang dan mungkin saat ini Anda sedang menggunakannya.

Untuk kata laptop sendiri, saya belum dapat info yang pasti. Namun, pendapat sebagian orang kata laptop berarti"dipangku atas", jadi definisinya adalah komputer pribadi yang agak kecil, yang dapat dibawa-bawa dan dapat ditempatkan di pangkuan pengguna, terdiri atas satu perangkat yang mencakupi papan tombol, layar tampilan, mikroprosesor, biasanya dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang. Tapi kalau ada info terbaru, artikel ini akan di-update.
Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut.
Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.

Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop gratis juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai "pengganti" tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket [[USB]/Universal Serial Bus] maupun PS/2 jika tersedia.

Berbeda dengan komputer desktop, laptop memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.

Klasifikasi laptop dan Penggunaanya
Model atau jenis laptop (notebook) yang beredar dipasaran memiliki variasi dan sisi bentuk, ukuran, fitur, dan performa, yang setidaknya menggambarkan banyaknya variasi atau keberagam dari pengguna laptop itu sendiri. Masing-masing model memiliki ciri yang spesifik dan merupakan fitur yang paling menonjol yang dimiliki oleh laptop tersebut. 

Berikut ini penggolongan Jenis laptop yang umumnya berlaku di kalangan produsen pembuat laptop.
1. Desktop Replacement.  
Laptop semacam ini umumnya mengedepankan performa dan cendrung mengabaikan bobot/keseluruhan. Akibatnya, ukuran atau dimensinya pun juga lebih besar dibandingkan jenis laptop yang lain. Sebagai peranti yang diposisikan sebagai pengganti komputer desktop, jenis ini memiliki spesifikasi dan performansi yang paling mendekati komputer desktop dibandingkan dengan laptop model/jenis manapun, terutama dalam hal kemampuan kartu grafis, kapasitas hardisk, kecepatan prosesor, fasilitas komunikasi, optikal drive, maupun peripheral input/output (I/O) lainya.  

Penggunanya memilih jenis ini karena beberapa alasan seperti;
a) Menginginkan kinerja laptop setara dengan komputer desktop.
b) Relatif tidak sering melakukan pepergian dan hanya memindahkan komputer dari ruangan ke ruangan lainnya.
c) Sangat intesif dalam berkomputer dan menjalankan aplikasi-aplikasi yang berat mulai dari pekerjaan kantor, multimedia.
Beberapa ciri spesifik dari laptop jenis ini antara lain;
· Bobotnya bisa mencapai lebih dari 3 kg.
· Ketebalan anatara 2,5 samapi 3,5 cm.
· Layar display ukuran 15-17 inci tipe ultrawide screen.
· Menggunakan prosesor mobile paling cepat yang beredar dipasaran seperti yang paling baru sekarang yaitu intel centrino duo.
· Kapasitas memori terbesar dan dari tipe terbaik.
· Ukuran hardisk terbesar dari yang tersedia dipasaran.
· Memiliki kolom drive optic lebih dari satu (combo) dan umumnya sekelas DVD-Writer.
· Konektor I/O standar plus multimedia, S-Video, FireWire, SPIF.
· Memilki slot card reader lengkap.
· Memiliki system koneksi Wi-Fi dan Bluetooth
· System operasi kebanyakan berbasis Windows terbaru (Win XP Media Center dan Vista)
· Dibundel dengan aplikasi tambahan yang lengkap dari vendor pembuatnya.

2. Mainstream atau Value Notebook. 
Notebook jenis ini adalah notebook yang paling banyak ditawarkan karena konsumennya paling besar. Para penggunanya menghendaki sebuah komputer portable, ringan, tidak mensyaratkan spesifikasi yang setara dengan komputer desktop, tetapi sudah memiliki fungsi komputasi standar untuk penggunanya sehari-hari. Layar tidak harus lebar tetapi sudah cukup nyaman untuk digunakan. prosesornya menggunakan tipe prosesor kelas maynstream atau value dan bukan yang tercepat di pasaran saat itu. Umumnya menyediakan harddisk berukuran standar dengan kombinasi drive terdiri atas floppy drive dan optical drive (CD-Writer atau DVD-ROM). Ciri khusus dari notebook jenis ini antara lain :
· Bobot antara 2,5 sampai 3 kg.
· Ketebalan antara 2,5 hingga 3,5 cm.
· Layar display berukuran diagonal 14 atau 15 inci.
· Prosesornya bertipe mobile-prosesor kelas value/mainstream. Misalnya intel Celeron M at AMD sempron
· Kapasitas memorinya tidak besar, tetapi sudah mencukupi untuk menjalankan sistem operasi dan aplikasi standar.
· Kapasitas hardisk bukan yang terbesar, bahkan cenderung terbatas.
· Mempunyai DVD-ROM.
· Port /colokan input/output standar.
· Beberapa tipe/seri dilengkapi system koneksi Wi-Fi atau Bluetooth.
· Menggunakan Microsoft Windows XP Home.
· Dilengkapi dengan aplikasi bawaan yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan.

3. Thin and light Notebook.  
Sesuai namanya, ini adalah laptop yang tipis dan ringan. Itulah karakteristik utama dari laptop jenis ini. Ia menawarkan suatu keseimbangan yang ideal antara menawarkan suatu keseimbangan yang ideal antara portabilitas, performansi, dan juga fitur-fitur standar notebook yang sangat pas digunakan oleh para pebisnis yang sering melancongke luar kota atau keluar negeri. Dengan kombinasi antara prosesor mobile (misalnya intel Pentium M (mobile) atau athlon mobile) dengan desain yang mewah, semua peripheral dan kelengkapannya dibuat sedemkian rupa sehingga tidak menjadi beban. Karakteristik pokok dari laptop ini antara lain :
· Bobot kurang dari 2 kg.
· Ketebalannya mencapai kurang dari 2,5 cm.
· Ukuran layarnya kecil, antara 13-14 inci saja.
· Prosesornya pasti dari jenis mobile atau yang khusus untuk notebook.
· Hardisknya cukup lega untuk menyimpan data dalam jumlah banyak.
· Memori cukup untuk menjalankan aplikasi yang berat.
· Optical drivenya bisa diposisikan secara eksternal maupun internal dan bisa dipertukarkan fungsinya antara baca dan tulis.
· Dilengkapi dengan system koneksi Wi-Fi dan Bluetooth.
· Memiliki slot card reader.
· Sistem operasinya Microsoft Windows XP Pro atau Home.
· Disertakan aplikasi bawaan dari vendor pembuatnya.

4. Ultraportable Notebook. 
Jauh lebih ringan dari laptop jenis thin and light, karena ukuran keseluruhannya lebih kecil. Ukuran layarnya tidak lebih dari 12 inci, dan kadang-kadang bahkan tidak dilengkapi dengan optical drive. Kalaupun ada, biasanya ditempatkan secara eksternal. Ia dilengkapi dengan koneksitifitas standar tetapi tidak selengkap laptop jenis thin and light atau desktop replacement dan menggunakan prosesor yang sangat hemat listrik, misalnya saja Mobile Intel Pentium M atau Transmeta. Beberapa merek bahkan di kategorikan sebagai subnotebook, dengan ukuran yang praktis jauh lebih kecil dibandingkan ukuran standar laptop terkecil. Misalnya saja layarnya direduksi sehingga berukuran 10-11 inci. Ciri-ciri lengkapnya sebagai berikut :
· Bobotnya antara 1,5 hingga 2 kg.
· Layarnya berukuran diagonal kurang dari 12 inci
· Ketebalan kurang dari 2 cm.
· Umumnya optical drive tersedia secara eksternal, meski ada beberapa tipe yang menancapkan optical drive ke bodi notebook.
· Prosesornya menggunakan jenis khusus mobile dan hemat energy, tetapi bekerja lebih lambat dibandingkan prosesor biasa.
· Memori terbatas, pun pula dengan kapasitas hardisknya.
· Jumlah port I/O terbatas meski mencukupi untuk keperluan standar.
· Dilengkapi dengan saah satu koneksi Wi-Fi dan Bluetooth.
· Sistem Operasi berbasis Microsoft Windows XP Home atau Pro.
· Dilengkapi dengan aplikasi bawaan vendor terutama aplikasi untuk menghemat baterai.

5. Tablet PC. 
Tablet PC adalah laptop dengan kalebihan-kelebihan ekstra. Selain itu bentuknya yang ringan dan portable, ia juga bisa difungsikan sebagai “kertas digital”. Layarnya menggunakan model layar sentuh (touch screen) dan kita bisa menuliskan sesuatu diatas layarnya. Dari sisi model, ada Tablet PC yang menggunakan model layar yang bisa diputar terbalik sehingga berbentuk seperti ”sabak” atau kertas digital. Ada pula model Tablet PC yang menggunakan model layar yang terpisah dari keyboardnya. Dari sisi spesifikasi teknis, ia setara notebook jenis ultra portable atau thin and light. Hanya saja dia mengunakan Windows XP Tablet PC Edition. System operasi ini mempunyai karakteristik mampu mengenali tulisan tangan yang digoreskan ke layar display menggunkan pena khusus yang disebut stylus.

6. Desktnote. 
Ia adalah hasil inovasi yang menggabungkan kebutuhan akan notebook yang portable dan ringkas, dengan harga sebuah komputer desktop yang tidak mahal. disebut desktop karena komputer ini menggunakan tenaga pengerak berupa prosesor yang memang dirancang untuk komputer desktop. Sedangkan komponen-komponen yang lain tetap sama dengan komponen yang digunakan untuk notebook. Satu hal lagi yang membedakan antara desknote dengan notebook biasanya adalah tidak tersedianya baterai pada unit-unit yang dijual dipasaran. Jadi baterai bersifat optional, kita dpat menambahkan sendiri. Tentu saja harus keluar biaya ekstra untuk itu. Yang juga kelihatan menonjol adalah bobot desknote yang rata-rata di atas 3,5 kg kerena bodinya yang gemuk, layar 13-14 inci, dan harganya berbeda jauh dengan komputer desktopJenis-jenis laptop
Netbook

Netbook merujuk pada spesies komputer jinjing yang memiliki spesifikasi tertentu. > Sebuah netbook umumnya menggunakan prosesor Intel Atom. > Jenis komputer jinjing ini berukuran kecil, biasanya dengan layar di bawah 12 inci dan berat kurang lebih 1 kg.
Netbook mulai populer ketika Asus mengeluarkan produk bernama Eee PC. Ketika itu, komputer dengan harga murah ini menggunakan harddisk layaknya sebuah media penyimpan portabel USB Flash Disk (UFD), dengan kapasitas rendah 4GB.

Mainstream
Laptop ini ,memiliki ciri yaitu: > Prosesor yang digunakan, misalnya Intel Core i5, i3, dan Core 2 Duo. > Memori minimal 2GB. > Memiliki Drive untuk membaca dan menulis DVD. > Keyboard berukuran penuh atau setidaknya 80% dari lebarnya sendiri.
Tablet PC
Perangkat ini memiliki layar sentuh sehingga mudah diputar, dan mudah dibawa kemana saja.
Mulai 2010, perangkat ini menjadi tren baru. Tren ini dikomandani oleh Apple Inc. yang menghadirkan iPad ke pasaran. Namun, ada perbedaan antara Tablet PC dan iPad, yaitu: > Tablet PC menggunakan stylus yang digunakan. Sedangkan iPad menggunakan jari-jemari. > Tablet PC dimaksudkan sebagai laptop yang berbeda. Sedangkan iPad dimaksudkan sebagai gadget.
Mengetahui Seluk Beluk Kondisi, Spesifikasi, dan Daya Tahan Laptop

Mengetahui Seluk Beluk Kondisi, Spesifikasi, dan Daya Tahan Laptop
Ulasan ini sangat penting bagi Anda para pengguna Laptop. Laptop merupakan computer lipat yang rawan akan kerusakan. Kerusakan itu terjadi karena processor yang bekerja terlalu berat, temperature yang terlalu tinggi, daya yang berlebihan, dan masih banyak lagi. Semua kejadian itu dapat kita pantau dengan menggunakan sebuah program gratisan yang bernama PC Wizard dan klik disiniuntuk mendapatkan programnya.
Bisa dibilang program ini adalah “Rajanya Program Utility”. Mengapa saya bilang demikian? Dikarenakan semua aktivitas yang ada laptop Anda dapat dipantau dengan menggunakan program ini. Bahkan hingga temperature laptop Anda bisa dideteksi program ini.
Lantas, bagaimana cara untuk menggunakannya? Terlebih dahulu simak cara penginstalan di bawah ini.

    Download program terlebih dahulu dengan mengklik disini
    Setelah mendapatkan programnya buka hasil download untuk menginstall
    Pilih Bahasa Inggris tentunya
    Ikuti petunjuk layar
    Jika computer meminta restart, lakukanlah dengan senang hati
    Setelah berhasil menginstall, icon akan terlihat di desktop. (ikon berwarna putih dengan bintang biru di tengah seperti pada gambar utama diatas)

Tampilan yang akan terlihat setelah splash screen adalah seperti di bawah ini.
Program ini bisa mengetahui spesifikasi lengkap Laptop Anda. Mulai dari LCD, Motherboard, Processor, Tampilan, Power, dll. (lihat ikon sebelah kiri, setiap ikon menandakan ciri khas yang berbeda). Lantas, bagaimana jika ingin terus memantau kondisi Laptop Anda tanpa mengeluarkan program ini.
Sangat mudah, Anda tinggal meminimize saja program ini. Program tidak akan tersimpan di taskbar, melainkan pada kotak jam sebelah kanan taskbar (maaf, aku lupa namanya). Ketika sudah diminimize, maka tulisan hijau akan keluar di pojok kanan atas yang berisi informasi tentang:

    Suhu laptop Anda
    Kekuatan listrik
    Performa computer
    Dan lain-lain
 
Dengan mengetahui hal-hal tersebut, Laptop Anda akan senantiasa selalu terjaga. Jika suhu mencapai 300 derajat Celcius, pasang kipas hingga suhu menurun. Suhu seperti itu akan membuat Laptop overheat
Cara Memilih Laptop yang Baik dan Bagus pada dasarnya merupakan langkah yang pertama yang harus kita ambil sebelum memutuskan untuk membeli Laptop yang sedang kita cari. ada beberapa kriteria laptop termasuk dari harga yang ditawarkan. Cara Memilih Laptop yang Baik dan Bagus perlu kita semua ketahui tanpa kecuali, karena dengan mengetahui bagaimana Cara Memilih Laptop yang Baik dan Bagus kita akan mendapatkan laptop yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.
Bagi seorang pekerja mungkin akan membutuhkan alat-alat yang dapat membantu dalam pekerjaannya. 
Dan untuk memeilih peralatan yang baik itu ternyata gampang gampang susah, karena disamping kita harus mengetahui spesifikasi dan keperluan serta kegunaan dari alat yang akan kita beli dalam membantu pekerjaan kita. mungkin banyak pekerja dan pelajar sudah mengetahui dengan NoteBook atau Laptop.
Saat ini, laptop bukan lagi barang yang mewah seperti beberapa tahun ke belakang. Tidak hanya kalangan menengah atas yang mampu memiliki sebuah perangkat laptop, kalangan yang berada di bawahnya pun bisa saja memilikinya. Harga laptop yang semakin “murah” menjadi alasan berbagai kalangan memburu barang canggih yang satu ini.
Meski harganya “murah”, membeli laptop tidaklah sama dengan membeli permen yang bisa Anda dapatkan dengan mengeluarkan uang dalam jumlah ratusan sampai ribuan. Murahnya laptop tetap berada di kisaran jutaan. Oleh karena itu, untuk menghindari kerugian yang mungkin didapat setelah membeli laptop, sebaiknya Anda mencari berbagai referensi atau tips membeli laptop.
Pembeli yang bijaksana selalu memperhatikan berbagai informasi penting seputar produk yang akan dibelinya, termasuk laptop. Apalagi, membeli laptop termasuk kegiatan yang menuntut Anda untuk merogoh kocek cukup dalam. Nah, berikut ini adalah beberapa informasi penting atau tips membeli laptop yang akan menghindarkan Anda dari berbagai kerugian.

Pada dasarnya, klasifikasi laptop yang beredar di Indonesia ini ada beberapa macam

1. Lokal
Disini Anda akan menemukan kelebihan dari laptop lokal yang bisa dibilang paling unggul dari kelas lain, yaitu harga. Di kelas ini Anda akan banyak sekali menemukan laptop dengan harga yang murah tapi berkualitas dan asli produk dalam negeri. Beberapa merek terkenal dari kelas ini adalah Axioo, A-Note, Zyrex, dll

2. Middle End Class
Disini banyak sekali merek keluaran luar negeri yang bisa jadi pilihan, dari yang murah sampai yang berkisaran pada harga puluhan juta. Keunggulan dari laptop kelas menengah ini tidak usah diragukan lagi, performanya cukup bagus dan dari segi harga memang agak sedikit mahal dari merek lokal. Beberapa merek terkenal ada Acer, Toshiba, Lenovo, Hp, dll

3. High End Class
Nah pada kelas ini, Anda akan menemukan hanya sedikit atau beberapa merek saja yang beredar di Indonesia. Keunggulan dari laptop ini kebanyakan adalah dari segi desain, performa, serta daya tahan. Biasanya laptop pada kelas ini adalah laptop yang memiliki teknologi benar-benar baru dan tidak akan ditemukan pada laptop lain. Beberapa merek yang terkenal adalah Apple, Sony, Asus, dll

Beberapa point yang harus anda semua perhatikan dalam memilih laptop yang baik dan bagus :

1. Sesuaikan dengan Keperluan
Untuk membeli laptop, sebaiknya Anda menyesuaikan laptop yang akan dibeli dengan kebutuhan. Jika Anda berniat membeli laptop untuk mendukung aktivitas atau hobi menulis, rasanya laptop yang tidak terlalu mahal pun sudah cukup membantu. Pilih laptop standar dengan spesifikasi “daleman” atau hardware yang tidak terlalu tinggi. Dengan begitu, Anda bisa memangkas anggaran yang telah disiapkan.
Namun, jika aktivitas Anda berkecimpung di dunia games atau multimedia lainnya, Anda harus membeli laptop dengan spesifikasi tinggi agar mampu mendukung segala aktivitas keseharian Anda. Untuk laptop dengan spesifikasi tinggi, harganya pun jauh lebih mahal dari laptop standar.

2. Perhatikan Sisi Kepraktisannya
Laptop dengan desain yang mungil tentu saja diciptakan untuk membantu segala bentuk aktivitas yang Anda jalani. Ada dua ukuran layar laptop yang bisa Anda pilih dan paling sesuai dengan aktivitas. Layar kecil atau layar besar. Layar kecil mulai dari ukuran 7 inci sampai 10 inci, sedangkan layar besar mulai dari ukuran 12 inci sampai dengan 17 inci.
Jika merasa aktivitas Anda akan terbantu dengan ukuran layar kecil, jadikan laptop berlayar kecil sebagai pilihan. Demikian pula, sebaliknya. Kehadiran laptop dengan desain dan ukuran yang mini, Anda tidak lagi harus terpaku di rumah di depan PC saat mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas Anda.

3. Perhatikan Layanan Umum Laptop
Yang dimaksud dengan layanan umum di sini adalah ketersediaan garansi dan gerai atau service center dari produk yang kita beli. Percuma merek bagus jika tidak memiliki garansi dan gerai perbaikan. Anda akan sangat dirugikan jika setelah membeli ternyata ada kerusakan atau hal lain yang menghambat kinerja laptop.

Biaya perbaikan atas produk yang baru saja Anda beli, jika tidak disertai garansi, akan menjadi tanggungan Anda. Terlebih, jika diperbaiki di gerai umum. Biasanya, harganya akan berbeda dengan yang diterapkan di service center resmi. Lebih mahal. Selain itu, pastikan pula laptop yang Anda beli sudah di-bundle dengan sejumlah software yang original. Biasanya, penjual laptop akan memberikan bonus dengan memasang langsung sebuah sistem operasi di laptop Anda.

Komponen Laptop yang Wajib Diperhatikan
Seiring berjalannya teknologi, sudah mulai banyak komponen untuk laptop yang ukurannya semakin kecil dan semakin hemat daya. Jadi, selain bisa membuatnya menjadi lebih portable, suara yang bisa dihasilkan bisa semakin sunyi dan panasnya semakin berkurang.

.
Processor

processorProcessor adalah otaku tama sebuah computer. Di situlah semua kalkulasi yang dilakukan oleh computer terjadi. Oleh karena itu, processor menjadi komponen utama yang wajib diperhatikan. Processordiukur dalam GHz, misalnya 1,8 GHz. Angka tersebut menentukan berapa cepatprocessor itu menangani instruksi dalam cyle per second. Selain kecepatan, jumlah core processor juga jadi hal penting. Core adalah inti processor. Jadi, bila processorAnda memiliki dua core, maka secara teori sama seperti menggunakan dua buahprocessor dalam satu computer.
Saat ini, Intel berada di depan dalam keunggulan performa processor, diikuti oleh AMD. Processor yang berbasis Core 2 baik Extreme maupun Duo berada di paling atas dalam urusan performa, baru di ikuti oleh processor AMD Turion 64 X2. Disituswww.tomshardware.com/charts/mobile-cpu-charts/benchmarks,19.html. Anda bisa melihat hasil komparasi antara kedua processor tersebut.


Memory
memorySaat ingin membeli notebook, pasti kita ditawarkan produk dengan kapasitas memory yang berbeda-beda. Pertanyaannya adalah ” apakah dengan memory sekian MB itu sudah cukup “ Cukup tidaknya kapasitasmemory, bisa diukur dari penggunaan Operating System dan jenis aplikasi yang nanti akan dipakai. Misalnya Anda ingin menggunakan Windows Vista, yang seperti kita ketahui membutuhkanmemory minimal 512 MB. 
Maka carilah notebook yang memiliki memory setidaknya 1GB. Karena jika system mengalami kekurangan memory, maka ia akan memanfaatkan harddisk sebagaimemory. Dan itu bisa memperlambat performa computer. Inti utamanya adalah semakin banyak memory yang dimiliki, maka semakin bagus. Tidak sepertiprocessor yang tidak bisa di upgrade, memory pada laptop bisa di tambah kemudian hari.

Harddisk
harddiskSaat ini, ada dua jenis media penyimpanan yaituharddisk dan SSD (Solid State Drive). Bila bicara masalah keunggulan performa, SSD lebih unggul karena lebih cepat, sunyi, dan konsumsi dayanya lebih rendah daripada harddisktradisional yang biasa kita pakai. 
Namun harga SSDsaat ini masih sangat mahal. Oleh karena itu Laptop sekarang masih menggunakan harddisk.
Untuk kapasitasnya sendiri, bila Anda akan memakai laptop tersebut untuk menyimpan video,musik dan foto, maka carilah harddiskberkapasitas besar, misalnya 320 GB. Tapi seandainya tidak besar pun tidak menjadi masalah, sebab saat ini sudah banyak harddisk&nrsp;portable berkapasitas besar yang bisa dijadikan tempat penyimpanan cadangan. Selain itu, harddisk bisa di upgrade kemudian hari.

Video Card
Video Card Integrated2Ada dua jenis Video Card yaitu integrated dan dedicated. Video Card integratedadalah video card yang memorynya memanfaatkan memory utama (RAM). Sedangkan dedicated menggunakan memory sendiri. Untuk performanya, jelas lebih bagus yang dedicated. 
Oleh karena itu video card dedicated lebih bagus dipakai untuk penggunaan game. Tapi bukan berarti yang integrated tidak bisa dipakai game. Tetap bisa, Cuma performanya akan loyo bila dipakai untuk menjalankan game-game berat. Di situs www.notebookcheck.net/Mobile-Graphics-Cards-Benchmark-List.844.0.html Anda bisa melihat daftar benchmark terhadap video card untuk laptop atau mobile GPU.

Tips Merawat Laptop
Laptop merupakan barang elektronik yang sangat sensitif bila tidak di jaga secara baik dan tidak melakukan perawatan dengan benar maka Laptop anda akan gampang rusak. Komponen Laptop juga sangat Mahal di bandingkan dengan Komponen PC. 
Berikut ini ada beberapa tips cara merawat laptop anda :

- Jangan sembarangan mendownload dari internet. Misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Resiko virus bisa merusak ke dalam laptop Anda jika Anda sembarangan menggunakan software dari internet. Jika Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki.

- Jangan memberikan Penutup apapapun termasuk sarung Laptop pada saat Laptop anda dalam keadaan menyala.

- Kerusakan laptop yang paling umum terjadi pada harddisk dan LCD display/layar. Kerusakan harddisk diakibatkan benturan atau terjatuh. Kerusakan LCD biasanya karena terpapar sinar matahari dan tekanan fisik.

- Selain kerusakan harddisk dan LCD, tumpahan cairan adalah penyebab kerusakan laptop yang paling umum.

- Hindari Getaran dan Jauhkan laptop dari alat pengeras suara, misalnya loudspeaker, mesin/kendaraan berat, dan sumber getaran lainnya.

- Hindarkan laptop dari sinar x-ray di airport.

- Jaga kebersihan laptop, lap dengan kain bersih atau kapas agar bebas debu.

- Lindungi modem laptop. Gunakan modem yang mempunyai fitur digital-line guard. Karena fitur ini akan menjaga modem dari kerusakan jika secara tidak sengaja mencolokkan kabel modem ke jack telpon digital PABX atau jalur ISDN. Dan berhati-hatilah ketika akan mencolokkan kabel telepon ke laptop karena kawat logam dalam konektor modem laptop sangat tipis dan mudah bengkok.

- Listrik padam dan gangguan tegangan dapat terjadi sewaktu-waktu, di rumah, di kamar hotel atau di kantor. Jika memungkinkan, gunakanlah ’surge-protector’ jika sedang menggunakan AC outlet. Dan jangan lupa membuat back-up data secara rutin.

- Gunakanlah selalu tas laptop ketika sedang bepergian.

- Jika ingin membungkus laptop untuk dikirim atau untuk keperluan lain, gunakanlah kotak pelindung yang kuat, dan bungkuslah dengan busa atau spons yang dapat menyerap getaran.

- Jangan sekali-sekali meletakkan benda berat di atas laptop.

- Jika laptop bermasalah, jangan mencoba untuk membongkar sendiri. Sebaiknya serahkan ke teknisi atau service-center terdekat. Karena mungkin saja kerusakan malah akan menjadi semakin berat. Khusus untuk laptop yang masih dalam masa garansi - membongkar laptop dapat merusak sticker garansi (warranty seal) yang masih melekat pada laptop.

- Ketika akan mengangkat laptop yang sedang terbuka, jangan mengangkatnya sambil memegang pada bagian display/layar, angkatlah pada bagian bawah/keyboard

- Jangan memasukkan disket pada bagian sudutnya. Memasukkan disket setengah-setengah dapat merusak disk-drive. Begitu juga ketika membuka atau menutup tray drive CD-ROM/DVD-ROM untuk memasukkan atau mengeluarkan disk. Jangan menyentuh lensa pada tray CD-ROM. Peganglah compact-disc pada bagian pinggir, bukan pada permukaan disk.

- Jangan mencolokkan kabel modem laptop pada PBX (private branch exchange) atau saluran telpon digital. Laptop hanya dapat menggunakan saluran PSTN (public-switched telephone network). Penggunaan saluran telpon selain PSTN dapat merusak modem laptop.

- Rawatlah baterai laptop, jangan sampai bocor karena dapat merusak slot baterai.

- Jangan pindah-pindahkan laptop pada saat masih hidup. Laptop yang sedang hidup berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder sehingga akan berakibat fatal.

- Jauhkan laptop dari medan magnet yang kuat, bahan cair dan sumber panas/dingin atau perubahan suhu yang ekstrim.

- Hindari sinar matahari langsung dan pastikan laptop selalu diletakkan pada permukaan yang rata.

- Kartu Garansi anda Jangan Sampai Hilang dan apabila terjadi kerusakan Fatal terhadap Laptop anda Bawa ke tempat Toko pada saat anda Membeli Laptop dulu.


Berikut ini 12 tips cara menghemat dan merawat baterai laptop anda :
1.Layar atau screen merupakan salah satu penyebab menurunnya daya tahan baterai laptop anda secara cepat. Maka solusinya yaitu anda bisa meredupkan layar atau screen pada laptop anda ketingkat yang sesuai dengan kenyamanan anda.
2.Sebaiknya anda mematikan atau menonaktifkan Wi-Fi pada laptop anda, jika anda tidak menggunakan atau memerlukan Wi-Fi tersebut. Karena Wi-Fi sedikit banyak menyedot daya baterai laptop anda dengan cepat.
3.Jika ada flashdisk yang masih ada di laptop anda dan anda sudah tidak memakai flashdisk tersebut, maka eject/lepas flashdisk tersebut dari laptop anda. Untuk meghemat daya baterai laptop anda.
4. Jika ada kaset CD (Compact Disk) masih berada di laptop anda. Anda bisa mengeluarkannya jika sudah tidak digunakan lagi. Untuk menghemat daya baterai laptop anda.
5.Jika sedang menggunakan daya baterai laptop untuk menghidupkan laptop anda. Sebaiknya anda mematikan cooler atau kipas serta mouse yang disambungkan lewat usb ke laptop anda. Fungsinya juga untuk menghemat daya tahan baterai laptop anda.
6.ika ada software-software yang aktif tetapi anda tidak membutuhkannya. Maka close atau matikan saja. Sehingga dapat menghemat daya tahan baterai laptop anda. Salah satu software tersebut adalah software antivirus.
7. Anda juga dapat menggunakan sebuah software yang bernama BatteryCare. Untuk membantu menghemat daya tahan baterai laptop anda.
8. Anda sebaiknya melepats baterai laptop. Di saat anda menggunakan laptop tersebut secara langsung dengan colokan kabel listrik. Fungsinya juga menghemat daya tahan baterai laptop anda.
9. Saat anda menggunakan laptop dengan baterai sebagai dayanya. Jangan sambil mengcharge laptop anda. Untuk menjaga dan menghemat daya tahan baterai laptop anda.
10.Sebaiknya pastikan suhu laptop anda terhindar dari suhu yang terlalu panas seperti didalam bus atau mobil pada waktu siang hari.
11.Jika anda berkeinginan menyimpan baterai laptop dalam rentan waktu yang cukup lama, maka simpanlah pada tempat yang sejuk dan di tempat dengan sirkulasi udara yang lancar.
12.  Sebaiknya jangan menggunakan baterai yang tidak sesuai dengan laptop anda. Atau bahasa kerennya, jangan menggunakan baterai laptop yang tidak kompatibel dengan laptop anda.

This entry was posted by Bhrojo. Bookmark the permalink.